Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

Thursday 13 November 2014

Review Stronghold Crusader 2


Stronghold Crusader 2 (SC2) merupakan game yang ditunggu-tunggu sekaligus jawaban atas pertanyaan “apakah FireFly Studios dapat kembali menarik hati penggemarnya?”. Jawaban itu tentu bukan sebab, mengingat Stronghold 3 mendapatkan berbagai kritik pedas dan nilai review di bawah rata-rata. Apakah SC2 layak disetarakan dengan Stronghold Crusader (SC)?


Firefly Studios adalah Pengembang dari game yang bertemakan Perang Salib ini. game ini adalah kombinasi antara pembangunan sebuah kota dan game strategi, dengan adanya penekanan pada bagian perang dan pengepungan suatu kerajaan. Game ini memberi kesempatan kepada pemain untuk membangun dan meruntuhkan tembok, penjarahan, dan meluncurkan batu atau sapi busuk menggunakan ketapel.

Pada bagian Single Player, pemain akan dihadapkan pada 50 level/pertempuran yang memiliki goal yang beda dari masing masing tiap level. Pada permainan ini, kita harus mempunya strategi yang baik, karena digame ini terdapat sistem jual beli/sistem ekonomi, lalu kita juga membutuhkan suatu populasi dimana kita harus membangun rumah/pemukiman untuk mendapatkan populasi. Populasi sendiri dibutuhkan untuk membangun sebuah pasukan, dimana pasukan dibutuhkan untuk menyerang ataupun bertahan dari serangan kerajaan lain. Untuk membuat bangunan pada game ini juga membutuhkan bahan bahan bangunan seperti halnya pada dunia nyata. Untuk mendapatkan bahan bahan bangunan seperti batu dan kayu, kita bisa dengan membuat tambang batu ataupun penebang kayu di sekitar pohon pohon yang disediakan. Populasi juga dipengaruhi bahan pangan. Jika Populsi kita turun, kerajaan akan kekurangan pasukan ataupun penduduk, yang akan membuat kerajaan itu lemah, lalu kalah diserang kerajaan lain.
Makanya, game ini membutuhkan strategi yang tinggi, karena jika salahsatu ada yang tidak seimbang, maka kerajaan akan lemah.

Untuk dari segi Grafisnya, game ini tidak terlalu menonjolkan kualitas gambar yang menarik seperti halnya pada game Need For Speed. Stronghold Crusader hanya menampilkan kualitas gambar 2D. Untuk permainan 2D seperti ini, saya rasa kualitas gambar cukup baik untuk menampilkan dataran gurun, bangunan, asap dari ketapel batu yang berapi, tembok yg rusak karena diserang, semua itu tampak seperti nyata walaupun hanya 2D.
Gameplay

Layaknya seri Stronghold sebelumnya, gamer diberikan dua tantangan utama dalam mengurus kerajaan, yaitu economics & military. Gamer dapat menentukan berbagai macam hal seperti besarnya pajak yang harus dibaya rakyat, jumlah dan jenis pangan yang diberikan, sebaran agama, dan sebaran drinking ale. Tentu saja, kesemua hal itu harus diatur secara mangkus dan sangkil (efektif & efisien, in case you never heard that words). Untuk mengumpulkan pasukan, gamer tidak bisa mengumpulkannya begitu saja menggunakan gold (well, kecuali untuk arabic units). Misalnya, untuk merekrut Templar Knight, gamer harus membangun Armourer’s Workshop dan Forge Workshop yang masing-masing menyediakan armor dan senjata untuk Templar Knight; lebih lanjut, kedua Workshop tersebut membutuhkan Iron yang harus ditambang oleh rakyat jelata. Dari segi economics, gamer pun harus mengikuti alur, misalnya untuk membuat roti; roti dibuat oleh Bakery, yang membutuhkan Flour yang dihasilkan oleh Mill yang memerlukan Wheat dari Wheat Farm.


Terdapat beberapa perubahan kecil pada SC2 jika dibandingkan dengan SC. Untuk unit, gamer diberikan unit baru yaitu Conscript, Man at Arms (Spearman), Ranger, Templar Knight, dan Sergeant at Arms. Sedangkan untuk arabic units, terdapat Slave Driver, Oil Pot Thrower (Fire Thrower), Healer (woo-hoo!), Whirling Dervish, dan Sassanid Knight. Pada bagian economics pun terdapat perubahan, misalnya Crossbowman yang menggunakan Armor (bukan Leather Armor seperti sebelumnya),Artillator’s Workshop yang membuat Crossbow, Forge Workshop yang membuat Mace, Chandler’s Workshop yang membuat lilin untuk Church, Pig Farm yang menggantikan Hunter’s Post, dan perubahan perubahan lainnya. Pada sektor pertahanan kastil, gamer kini dapat membangun Barricade untuk menghalau musuh dan Hoarding untuk melindungi Archer saat memanah di atas tembok. Oh ya, dalam SC2, terdapat fitur baru yang memungkinkan gamer untuk menangkap “desa” kecil yang ada dalam map.

Untuk single player, terdapat tiga mode utama yaitu Skirmish Trails, Custom Skirmish, dan Sandbox. Skirmish Trails adalah menu utama game ini, di mana gamer ditantang untuk menyelesaikan rentetan skenario, tentu saja dengan map, musuh, dan objective yang berbeda-beda. Dalam mode Custom Skirmish, gamer dapat memilih map, menentukan jumlah pemain, dan menentukan lawan maupun kawan. Sandbox adalah mode yang cocok untuk gamer yang ingin bersenang-senang tanpa perlu memikirkan rumitnya segi economics & military, karena kalian tinggal menambahkan gold saja untuk menyelesaikan semua masalah. Sementara itu, multi-player mendapatkan fitur baru yaitu co-op di mana dua pemain berbagi tugas antara economics & military.

Trailer

No comments:

Post a Comment